infobindo.blogspot.com

Untuk sharing materi pembelajaran
Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 09 Oktober 2016

Pendekatan dan Metode Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD


Pendekatan pembelajaran bahasa Indonesia merupakan seperangkat asumsi yang aksiomatik tentang hakikat bahasa Indonesia, pengajaran dan belajar bahasa Indonesia yang dipergunakan sebagai landasan dalam merancang, melaksanakan dan menilai proses belajar-mengajar bahasa Indonesia. Asumsi tentang bahasa bermacam-macam, antara lain asumsi yang menganggap bahasa sebagai kebiasaan; bahasa sebagai sistem komunikasi dan ada pula yang menganggap bahasa sebagai seperangkat peraturan/kaidah. Untuk itu, berbagai macam pendekatan dalam pembelajaran bahasa Indonesia perlu diketahui sehingga guru mampu mengajar dengan baik.
Di pihak lain, metode adalah rencana penyajian bahan secara menyeluruh dengan urutan yang sistematis berdasarkan pendekatan atau approach tertentu. Jika approach masih bersifat filosofis atau aksiomatis, maka metode adalah implementasi atau cara melaksanakan pembelajaran tersebut, dalam
hal ini proses belajar-mengajar bahasa. Metode meliputi, pemilihan bahan, penentuan urutan bahan, pengembangan bahan, rancangan evaluasi dan remedial. 

Referensi yang bisa digunakan untuk mempelajari pendekatan dan metode pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar antara lain sebagai berikut.

0 komentar:

Posting Komentar