Pembelajaran Sastra SD Kelas Rendah
Pembelajaran satra di SD secara eksplisit
TIDAK berdiri sendiri, akan tetapi terintegrasi (terpadu dengan Kompetensi
Dasar atau ketrampilan berbahasa – mendengarkan, berbicara, membaca, menulis). Teori-teori
sastra diajarkan dengan presentase yang sangat kecil. Pembelajaran sastra di SD
dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan
siswa mengapresiasi karya sastra.
Pengajaran
sastra di SD diarahkan terutama pada proses
pemberian pengalaman bersastra. Siswa
diajak untuk mengenal bentuk dan isi karya
sastra melalui kegiatan mengenal dan
mengakrabi cipta sastra sehingga tumbuh
pemahaman dan sikap menghargai cipta sastra sebagai suatu karya yang
indah dan bermakna (dulce et utile)
Pembelajaran
sastra di SD hrs memberi pengalaman
pada siswa dan bertujuan untuk (a) pencarian kesenangan pada buku, (b) menginterprestasikan bacaan sastra, (c) mengembangkan kesadaran bersastra, (d) mengembangkan apresiasi.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus