infobindo.blogspot.com

Untuk sharing materi pembelajaran
Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 19 September 2016

Perbandingan SD (KI) dengan KD Kurikulum 2006-2013 Bahasa Indonesia Kelas Rendah


Tujuan akhir dari pengajaran bahasa Indonesia Kurikulum 2006 adalah siswa terampil berbahasa. keterampilan menyimak, berbicara, membaca,dan menulis. Empat keterampilan berbahasa tersebut: mendengar dan membaca termasuk keterampilan reseptif/pasif, sedangkan keterampilan berbicara dan menulis termasuk keterampilan berbahasa aktif/produktif. Pembelajaran bahasa Indonesia di kelas rendah penekanan pada Membaca dan Menulis Permulaan (MMP). Hal ini mengingat keterampilan berbahasa menyimak dan berbicara diperoleh seseorang utk pertama kalinya di lingkungan rumah. 
Kurikulum 2013 tidak secara spesifik merinci empat keterampilan berbahasa tersebut. Pembelajaran bahasa Indonesia Kurikulum 2013 menekankan pada teks (literasi) dan pendekatan saintifik (scientific learning)
Berikut ini perbandingan SK (KI) dengan KD Bahasa Indonesia Kelas Rendah Kurikulum 2006 dengan Kurikulum 2013

download silakan KLIK di sini

0 komentar:

Posting Komentar