infobindo.blogspot.com

Untuk sharing materi pembelajaran
Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 09 September 2016

SILABUS B.Indonesia SD Kurikulum 2013 versi 2016


Kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia secara umum bertujuan agar peserta didik mampu
mendengarkan, membaca, memirsa, berbicara, dan menulis. Kompetensi dasar dikembangkan berdasarkan tiga hal yg saling berhubungan dan saling mendukung mengembangkan pengetahuan peserta didik, memahami, dan memiliki kompetensi mendengarkan, membaca, memirsa, berbicara, dan menulis. Ketiga hal tersebut adalah bahasa (pengetahuan tentang Bahasa Indonesia); sastra (memahami, mengapresiasi, menanggapi, menganalisis, dan menciptakan karya sastra; literasi (memperluas kompetensi berbahasa Indonesia dalam berbagai tujuan khususnya yang berkaitan dengan membaca dan menulis).

Berikut ini adalah Silabus Bahasa Indonesia SD Kurikulum 2013 versi tahun 2016.


Pendekatan pengembangan kurikulum Bahasa Indonesia adalah genre-based, genre pedagogy, dan CLIL (content language integrated learning)Pembelajaran di SD/MI dari kelas I sampai dengan kelas VI dilaksanakan sebagai pembelajaran tematik terpadu. Silabus Tematik Terpadu telah disusun terpisah dengan dokumen ini sebagai acuan dalam melaksanakan perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan di sekolah. Namun demikian, bagi guru yang ingin menyusun pembelajaran tematik terpadu dapat menggunakan Silabus Mata Pelajaran Bahasa Indonesia ini dan silabus mata pelajaran lainnya di SD/MI.
Pada SD/MI kelas I, II, dan III mata pelajaran Bahasa Indonesia mengintergrasikan muatan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). pengembangan kompetensi kurikulum Bahasa Indonesia ditekankan pada kemampuan mendengarkan, membaca, memirsa (viewing), berbicara, dan menulis.
  
unduh LENGKAP silabus 

0 komentar:

Posting Komentar